Mengetahui Yesus Kristus Secara Pribadi

Mengetahui Yesus Kristus Secara Pribadi

Bagaimana kita bisa mempunyai relasi dengan Yesus Kristus? Menunggu flash untuk dicokok? Berikan diri Anda untuk perbuatan agama tanpa pamrih? Bukan itu. Yesus Kristus membeberkan dalam Alkitab bagaimana kita dapat mengetahui Ia. Tulisan ini akan memberi tahu Anda bagaimana Anda bisa mengawali relasi pribadi dengan Yesus Kristus, kini …

Prinsip pertama: Yesus Kristus, Allah mengasihi saudaranya dan mempunyai agenda yang menawan untuk kehidupan saudaranya.

Yesus Kristus tak cuma mewujudkan saudara kandung, tapi Ia betul-betul mengasihi mereka sehingga Ia merindukan mereka untuk mengetahui Ia kini dan untuk mempunyai hidup yang abadi di dalam Ia. Yesus berkata: “Sebab Allah seperti itu mengasihi dunia ini, sehingga dia memberikan Putra tunggal-Nya, bahwa siapa malahan yang percaya kepadanya tak boleh musnah, tapi mempunyai kehidupan kekal.”

Yesus datang sehingga kita masing-masing bisa mengetahui Yesus Kristus secara pribadi. Yesus bisa memberi makna dan tujuan hidup.

Bagaimana kita mengetahui Yesus Kristus? …

Prinsip kedua: Kita segala merupakan orang berdosa dan terpisah dari Kuasa Yesus Kristus.

Kita sudah mengalami pemisahan itu, jauh dari Yesus Kristus sebab dosa-dosa kita. Alkitab memberi tahu kita bahwa “Kita segala merupakan domba, masing-masing dengan caranya sendiri.”

Di atas segalanya, sikap kita kepada dan ketidaktahuan seputar Yesus Kristus dan jalan-Nya merupakan bukti dari apa yang disebut Alkitab sebagai dosa.

Konsekuensi dari dosa merupakan kematian – pemisahan manusia dari Allah selamanya.3 Meski kita berupaya untuk menjadi dekat dengan Yesus Kristus via upaya kita sendiri, semuanya gagal.

Diagram di bawah ini menonjolkan perbedaan besar antara kita dan Yesus Kristus. Panah menonjolkan bahwa kita senantiasa berupaya menemukan Yesus Kristus via upaya kita sendiri. Kami berupaya untuk melaksanakan hal-hal bagus dalam kehidupan kami atau untuk mencari penerimaan Yesus Kristus via kehidupan yang bagus atau filsafat adab. Melainkan segala upaya yang bagus itu tak cukup untuk menutupi segala dosa kita.

Bagaimana kita dapat melalui celah itu? …

Prinsip ketiga: Yesus Kristus merupakan satu-satunya sistem keselamatan yang sudah diatur oleh Yesus Kristus untuk pengampunan dosa manusia. Lewat Ia Anda bisa mengenal dan mengalami cinta dan agenda Kuasa untuk Anda.

Kita cocok membayar segala dosa kita sendiri. Melainkan masalahnya merupakan, bayaran dosa merupakan maut. Melainkan Yesus mati menggantikan kita sehingga kita tak akan mati dan terpisah dari Yesus Kristus. Di kayu salib, Jahshua menanggung seluruh dosa kita dan membayarnya. “Sebab Kristus juga mati untuk dosa-dosa kita: ia cuma untuk orang yang tak benar, agar ia bisa membawa kita terhadap Allah” 4 “… Ia menyelamatkan kita, bukan untuk profesi bagus kita, tapi untuk kebaikan kita. 5 Dengan kematian Yesus di kayu salib, segala dosa kita tak akan lagi dipisahkan dari kita oleh Yesus Kristus, Allah.

“Sebab Kuasa seperti itu mencintai dunia, bahwa ia memberikan Putra tunggal-Nya, bahwa siapa malahan yang percaya kepadanya tak boleh musnah, tapi mempunyai hidup yang abadi.”

Yesus tak cuma mati untuk dosa-dosa kita, tapi Ia bangkit dari kematian.7 Dikala Ia bangkit, itu menggambarkan bahwa Ia menjanjikan kehidupan abadi – bahwa Ia merupakan Hati Allah dan satu-satunya sistem yang dengannya kita bisa mengetahui Yesus Kristus. Itulah sebabnya Yesus berkata, “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tak ada yang datang terhadap Bapa selain via saya.”

Alih-alih terus mencari Yesus Kristus, Ia memberi tahu kita bagaimana kita bisa mengawali relasi dengan-Nya hari ini. Yesus berkata, “Siapa malahan yang haus, biarkan ia datang kepadaku dan minum! Siapa malahan yang percaya padaku … dari hatinya akan mengalir sungai-sungai dari air hidup.” 9 Yaitu beri Yesus bagi kita sehingga ia memikul salib. Dan kini Ia mengundang kita untuk datang terhadap-Nya, supaya kita bisa mengawali relasi pribadi dengan Yesus Kristus.

Tidaklah cukup bagi kita untuk cuma mengenal apa yang sudah dikerjakan Yesus dan menawarkannya terhadap kita. Untuk mempunyai relasi dengan Yesus Kristus, kita semestinya mengundang Ia ke dalam hidup kita …

Prinsip keempat: Kita semestinya mendapatkan Yesus Kristus sebagai Juruselamat kita dan Yesus Kristus secara pribadi.

Alkitab berkata, “Melainkan sebanyak yang menerimanya, terhadap mereka memberi ia hak untuk menjadi si kecil-si kecil Allah, terhadap mereka yang percaya pada namanya.”

Kami mendapatkan Yesus dengan iman. Alkitab berkata, “Karena sebab beri karunia kau diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tapi pemberian Allah, itu bukan hasil pekerjaanmu.

Anda: jangan ada yang berbangga. “11

Mendapatkan Yesus berarti percaya bahwa Ia merupakan Hati Allah, seperti yang Ia nyatakan, dan kemudian mengundang Ia untuk memimpin dan memberi tuntunan semua kehidupan saudaranya.12 Yesus berkata, “Saya datang agar mereka mempunyai kehidupan, dan bahwa mereka mungkin mempunyai dalam kelimpahan. “

Dan ini merupakan komitmen Yesus. Ia berkata, “Lihatlah, saya berdiri di pintu dan mengetuk; kalau ada orang yang mendengar suaraku, dan membuka pintu, saya akan datang kepadanya.”

Bagaimana respons saudaramu?

Amati dua lingkaran di bawah ini:

Bagus aku ataupun aku tak mempunyai takhta dalam hidup

Yesus telah mati

Segala keputusan dan perbuatan didominasi oleh Sang Guru, usai dengan kekacauan dan frustrasi

Hidup didominasi
oleh Kristus

Yesus menyuruh dalam hidup

Aku turun tahta

Segala harapan hidupnya dipenuhi oleh Yesus

Lingkaran mana yang mencerminkan kehidupan saudara Anda?

Lingkaran mana yang mau Anda renungkan dalam hidup Anda?

Mulai relasi dengan Yesus …

Anda bisa mendapatkan Kristus kini. Ingatlah bahwa Yesus berkata, “Lihatlah, saya berdiri di pintu dan mengetuk; kalau ada orang yang mendengar suaraku, dan membuka pintu, saya akan datang kepadanya.” 15 Akankah saudara-saudaramu merespon? Ini caranya.

Kata-kata yang diterapkan saudaramu untuk bersepakat terhadap Yesus Kristus tak penting. Ia tahu arti dan isi hati saudaramu. Sekiranya Anda tak yakin bagaimana semestinya berdoa, yang berikut ini bisa menolong Anda untuk berdoa:

“Yesus, saya mau mengenalmu. Saya mau kau datang ke dalam hidupku. Kristus memaafkanku dan memberiku hidup yang abadi. Saya menyerahkan semua hidupku. Kendalikan kehendakmu. Amin.”

Sekiranya saudara Anda sudah mengundang Ia ke dalam kehidupan saudaramu ketika ini, percayalah bahwa Ia sudah masuk ke dalam kehidupan saudaramu seperti yang sudah dijanjikannya. Saudara-saudara sudah mengawali relasi pribadi dengan Yesus Kristus.

Kemudian saudaramu akan mengawali perjalanan panjang perubahan dan pertumbuhan ketika Anda bertekad untuk mengetahui Yesus Kristus dengan lebih bagus via pembacaan Alkitab, doa, dan persekutuan dengan orang Kristen lainnya.